masuk

Mantap Berprestasi, Indonesia Resmi Akui Esports Sebagai Cabang Olahraga!

Batamsport.com – Resmi! Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui esports sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia. Pada tanggal 25-27 Agustus 2020, KONI mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 yang berlangsung secara virtual. Dalam rapat tersebut, ditetapkan bahwa esports diakui secara resmi sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia oleh Kemenpora dan KONI.

Berdasarkan Hal tersebut menandakan bahwa esports dapat diikutsertakan sebagai cabang olahraga resmi pada kompetisi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).Bahkan, bukan tidak mungkin jika ke depannya Pelatnas esports didirikan sebagai persiapan kompetisi tingkat internasional  seperti Olimpiade yang diberitakan akan menghadirkan cabor esports.

Dalam acara tersebut juga, secara resmi pemerintah Indonesia menyetujui PB Esports Indonesia sebagai satu-satunya lembaga yang menaungi esports sebagai sebuah olahraga prestasi di Indonesia di bawah KONI. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Komjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum, menyampaikan bahwa esports layak menjadi sebuah cabang olahraga karena menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti pada olahraga umumnya.

Selain itu, esports yang sudah banyak dipertandingkan baik dalam event nasional atau internasional juga menjadi salah satu alasan lahirnya ketetapan ini. Sebagai contoh, esports dipertandingkan pada kompetisi Asian Games 2018 di Indonesia dan SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Beberapa tim asal Indonesia juga tercatat pernah menjuarai kompetisi tingkat dunia, antara lain EVOS Esports pada ajang M1 World Championship, dan Bigetron Esports yang menjuarai kompetisi PUBG Mobile Club Open Fall Spit Global Finals 2019.

Pemain Indonesia pun banyak yang bersinar di tim-tim esports dunia, seperti Hans “BnTeT” Ferdinand yang bermain untuk tim Gen.G Esports CS:GO, Kenny “Xepher” yang bermain dengan tim Geek Fam Dota 2, dan tentunya “InYouRDream” dan “Jhocam” yang membela tim T1 Dota 2.

Sumber : https://ggwp.id/media/esports/esports-lain/esports-cabang-olahraga-prestasi/full

Artikel ini dibuat oleh komunitas kami Klik disini untuk membuat artikel sendiri.

Laporkan

Facebook Comments

Ulil Albab FA Berhasil Juarai Threefeo Futsal Kids U12 2020.

Penyerahan Petaka oleh PB Esports ke KONI Pusat Sebagai Simbol keanggotaan